MAINTENANCE AND REPAIR

Selain rancang bangun jembatan dari awal, PT. Nusantara Baja Prima juga siap melaksanakan proyek yang berkaitan dengan perawatan dan perbaikan sebuah jembatan. Dalam mengerjakan proyek perawatan / perbaikan jembatan, kami menggunakan metode standar yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Pekerjaan Umum. Selain itu kami juga menerapkan Bridge Management System. Itu semua dilakukan tidak lain demi kualitas jembatan yang dihasilkan, juga demi kelancaran proyek.

Maintenance And Repair 2Kerusakan pada jembatan biasanya terjadi lantaran adanya karat dan korosi. Kerusakan-kerusakan tersebut terjadi karena kurangnya perawatan dan perbaikan jembatan. Selain itu, tidak adanya marka jalan, tidak ada penerangan, dan bangunan atas yang tampak kotor juga menjadi prioritas pekerjaan kami.

Tindakan yang di perlukan untuk perawatan dan perbaikan jembatan adalah dilakukannya pengecekan elemen-elemen jembatan secara kontinu. Elemen-elemen penting yang harus sering dilakukan pengecekan antara lain perhitungan lendutan pelat lantai, gelagar melintang dan memanjang, pengecekan pengencangan baut, pengecekan kebersihan bangunan atas, pengecekan cat rangka batang baja dan lain sebagainya. Setelah itu kami melakukan identifikasi kerusakan, dan selanjutnya melakukan evaluasi tingkat kerusakan serta menjelaskan alternatif perbaikannya.

Maintenance And Repair 4Dalam hal penguatan dan perbaikan (rehabilitasi) suatu jembatan, kami menggunakan beberapa sistem (teknik) yang mana sistem tersebut sangat tergantung pada kondisi jembatan. Sistem-sistem tersebut antara lain sistem komposit, post-tensioning, Penambahan suplemental support, dan modifikasi simple span. Sedangkan pada rehabilitasi jembatan yang rusak karena gempa kami menggunakan metode Seismic Retrofit Practice dan Seismic Retrofit Technology.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca artikel-artikel kami mengenai Perawatan Dan Perbaikan Jembatan.