GIRDER COMPOSITE BRIDGE

Jembatan Komposit Girder atau Jembatan komposit box girder baja adalah jembatan dengan gelagar yang dihubungkan dengan pelat lantai menggunakan shear connector dimana gelagar pada jembatan merupakan box girder baja. Di sini kami menerapkan standar peraturan AASHTO 5 2010 dalam perancangan jembatan. Untuk pembebanan jembatan digunakan peraturan RSNI T-02-2005 dan AASHTO 2010.

Dalam proses pembuatannya, kami melalui beberapa tahap, antara lain perencanaan, penentuan data teknis jembatan dan pemodelan struktur, perancangan jembatan berdasarkan peraturan AASHTO 2010 untuk mengetahui kapasitas kekuatan jembatan. Setelah itu dilakukan pembebanan pada jembatan. Tahap berikutnya adalah

Pada sistem struktur jembatan girder, jarak antar girder akan menentukan jumlah girder yang digunakan pada lebar jembatan tersebut. Selain itu, jarak antar girder akan menentukan tebal slab yang digunakan dan biaya perawatan yang dibutuhkan. Semakin besar jarak antar girder, semakin sedikit girder yang dibutuhkan pada lebar jembatan dan semakin kecil biaya perawatn yang dibutuhkan, namun membutuhkan tebal pelat yang lebih besar, dan sebaliknya.

Penggunaan jembatan tipe composite girder merupakan alternatif lain dari penggunaan jembatan tipe truss span yang memiliki harga mahal, pelaksanaan yang lama karena harus merakit bagian atas jembatan serta perawatan terhadap baja dari korosi dan karat.

Berbeda dengan penggunaan jembatan tipe composite girder yang terbilang lebih murah, mudah dan cepat karena tidak perlu melakukan perawatan terhadap baja dari korosi dan karat.